Minggu, 17 Maret 2013

Hadapi dan nikmati


Assalamu’alaikum...sahabat shalih dan shalihah,yuuk kita sirami hati kita dulu…semoga bermanfaat…^^

تَبارَكَ الَّذي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَ هُوَ عَلى‏ كُلِّ شَيْ‏ءٍ قَديرٌ#ٱلَّذي خَلَقَ الْمَوْتَ وَ الْحَياةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً وَ هُوَ الْعَزيزُ الْغَفُور
        
"Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun"(Al-Mulk:1,2)
            Begitu jelas firman Allah dalam ayat di atas bahwasanya Allah menciptakan kita semua dengan beribu ujian,baik ujian berupa musibah maupun berupa harta dan kenikmatan yang kita dapat.Dengan begitu,tampaklah siapa diantara hambaNya yang lebih baik amalnya.Maka dari itu sahabat,berlombalah dalam kebaikan,dan janganlah pernah terlena akan harta dan seluruh kenikmatan yang didapat,cukuplah bersyukur dan bertaqwa kepadaNya.Renungkanlah sahabat,sesungguhnya ada pujian dibalik ujian,begitu juga sebaliknya ada ujian dibalik ribuan pujian.Berbahagialah ketika memperoleh ujian,karna ada beribu pujian setelah kelulusan kita dalam melewati ujian.Tundukanlah hati seraya memohon perlindungan ALLAH ketika mendapat pujian,karna itulah ujian yang sesungguhnya untuk kita,ketika kita terlena akan itu semua maka jatuhlah iman kita.
            Bagaimana dengan musibah yang menimpa kita,bagaimana pula kita menyikapinya? Kecewa? Marah? Sedih?atau kita dapat bersabar terhadapnya? Yuk tadabbur ayat yang satu ini..^^

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لا يُفْتَنُونَ

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? (QS. al-’Ankabut (29) : 2)
Untuk meningkatkan derajat kita disisi Allah,maka Allah akan selalu menguji kita terus menerus.Ketahuilah sahabat fillah,ujian sebagai tantangan untuk kita,tantangan akan membuat kita semakin cerdas dalam berfikir,bijak dalam mengambil keputusan,dan efektif dalam bertindak.Tantangan akan membuat kita semakin pandai,tabah dan kompeten ketika bisa menikmati tantangan tersebut.Kita ingat2 kembali perjuangan dakwah Rasul,rintangan dan ujian apakah yang belum beliau rasakan dalam mengemban misi dakwah itu? Dilempari dengan kotoran unta,diludahi,dilempar dengan batu hingga kepala dan kaki beliau berdarah dan tentu masih banyak lagi cobaan yang lebih dari itu.Lihatlah betapa konsistennya beliau dalam mengemban misi dakwahnya,kondisi kehidupan yang oenuh tantangan beliau lalui dengan penuh rasa syukur dan beliau menikmatinya.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ  

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya).Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.(Al-Anbiya’(21):35)
Betapa indahnya Allah menciptakan kehidupan dengan segala problematikannya.Betapa cintanya Allah kepada manusia sehingga Dia tidak memanjakan mereka dengan sekadar menikmati fasilitas kehidupan itu saja.Allah memberikan kebebasan kepada manusia,apakah dia ingin menjadi orang yang bahagia atau menjadi orang yang sengsara.Untuk dua tujuan itulah,Dia menguji mereka dan member banyak tantangan agar mereka menjadi kuat.
            Ada suatu kisah dari wanita Arab,ia begitu sibuk dengan duniawinya hingga mengurangi waktu ibadahnya,suatu ketika ia mengalami kecelakaan dan lumpuh kedua kakinya,hidupnya penuh di kursi roda,ia begitu menyesal dan sangat mengerti kesalahannya,ia manfaatlan waktunya di kursi roda untuk menghafal firman2 Allah dan Subhanallah,ketika wanita itu selesai mengahafal 30 juz,Allah mengembalikan hidupnya,ia bisa berjalan kembali,wanita itu begitu terharu dan bersyukur,bersujud seraya menangis atas syukur nikmat yang ia dapat.
            Sahabat fillah,mari kita senantiasa bersyukur atas apa yang kita alami dan dapatkan.Ketika Allah menghendaki kita beristirahat sejenak dari roda duniawi dengan member kita sakit,maka manfaatkan waktu itu,karna sesungguhnya waktu tersebut sangatlah berharga bagi kita untuk lebih dekat dengan ALLAH,begitu juga dengan musibah2 yang lain,pertolongan Allah lah yang dapat mengeluarkan kita dari berbagai persoalan,maka mendekatlah pada-Nya…
            Syukron semoga bermanfaat,jika ada salah,mohon dikoreksi dan diingatkan…’afwan jiddan atas segala khilaf.Wassalamu’alaikum..^^

1 komentar:

  1. (Y) aku suka kata kata kakak... isi.nya bagus :)

    dan ketika Allah menguji kita, tanpa kita sadari sebenarnya itu adalah satu pucuk surat cinta yang Allah berikan kepada kita..
    semoga dengan ujian dan cobaan yang Allah berikan akan membuat kita semakin lebih mencintaiNya dan dapat mengambil hikmah dari setiap ujian itu .. aamiin :)

    BalasHapus