Senin, 04 Maret 2013

Janganlah Bicara ketika Makan

 Assalamu'alaikum sahabat fillah...^^
Pernah dengar kalimat nasihat yang mengatakan janganlah berbicara ketika makan? wah kenapa ya? ada alasan apa dibalik nasihat itu? ataukah hanya mitos saja begitu?
yuk coba kita lihat...

jika kita telusuri struktur anatomi tubuh kita terutama di bagian tenggorokan,ternyata di dalam tenggorokan kita saluran nafas dan saluran pencernaan saling bersebelahan tepatnya antara jalur ke oeshophagus (salah satu saluran cerna) dan jalur ke trakhea (salah satu saluran nafas),trus gimana ya kok makanan g salah masuk ke trakhea? nah ternyata ada suatu gerbang yang istimewa dan otomatis bernama epiglotis,sang gerbang si epiglotis ini ternyata akan menutupi jalur nafas kita ke trakhea ketika kita menelan,so makanan masuknya ke oesophagus...:)
teman2,tahu ga kenapa timbul suara waktu kita bicara,nyanyi dll? nah itu karna ada udara yang masuk dan membentur dinding plica vocalis dlm jalur nafas kita...
oke sekarang sudah tahu kan? kenapa kita dilarang berbicara ketika makan? ditakutkan gerbang kita si epiglotis terus menerus membuka dan menutup tidak beraturan,yang mungkin membuat kita nantinya tersedak,padahal kalau smpai makanan menutupi jalur nafas, salah satu cara tercepat saat gawat darurat adalah melubangi tenggorokan kita agar ada udara yang bisa masuk ke saluran lanjutannya...wow ngeri kn?..:) makanya hati2 ya...^^
Sungguh luar biasa tidak ada yang sia-sia sedikitpun nikmat sekecil apapun menurut kita, ternyata ada alasan luar biasa dari Allah yang sesungguhnya sangat mengagumkan..
wassalamu'alaikum

0 komentar:

Posting Komentar